Mursyid adalah sebutan untuk seorang guru pembimbing dalam dunia thoriqoh, yang telah
memperoleh izin dan ijazah dari guru mursyid diatasnya yang terus bersambung sampai
kepada guru mursyid Shohibuth Thoriqoh yang musalsal dari Rasulullah SAW untuk mentalqin
dzikir/ wirid thoriqoh kepada orang-orang yang datang meminta bimbingannya (murid). Dalam
thoriqoh Tijaniyyah sebutan untuk mursyid adalah “muqoddam”.
Mursyid mempunyai kedudukan yang penting dalam ilmu thoriqoh. Karena ia tidak saja
merupakan seorang pembimbing yang mengawasi murid-muridnya dalam kehidupan lahiriyyah
sehari-hari agar tidak menyimpang dari ajaran islam dan terjerumus dalam kemaksiatan, tetapi
ia juga merupakan pemimpin kerohanian bagi para muridnya agar bisa wushul (terhubung)
dengan Allah SWT. Karena ia merupakan washilah (perantara) antara si murid dengan Allah
SWT. Demikian keyakinan yang terdapat dikalangan ahli thoriqoh.
Oleh karena itu, jabatan ini tidak boleh di pangku oleh sembarang orang, sekalipun pengetahua
nnya tentang ilmu thoriqoh cukup lengkap.Tetapi yang terpenting ia harus memiliki kebersihan
rohani dan kehidupan batin yang tulus dan suci.
Bermacam-macam sebutan yang mulia diberikan kepada seorang guru musyid ini; seperti
Nasik (orang yang sudah mengerjakan mayoritas perintah agama), Abid (orang yang ahli dan
ikhlas mengerjakan segala ibadahnya), Imam (orang yang ahli memimpin tidak saja dalam
segala bentuk ibadah syariat, tetapi juga masalah aqidah/keyakinan), Syaikh (orang yang
menjadi sesepuh atau yang dituakan dari suatu perkumpulan), Saadah (penghulu atau orang
yang dihormati dan diberi kekuasaan penuh) dan lain sebagainya.
Syaikh Muhammad Amin Al-Kurdy, seorang penganut thariqah Naqsyabandiyah yang
bermazhab syafi’i dalam kitabnya Tanwirul Qulub Fi Muamalati Allamil Ghuyub menyatakan
bahwa yang dinamakan Syaikh/Mursyid itu adalah orang yang sudah mencapai maqom Rijalul
Kamal, seorang yang sudah sempurna suluk/lakunya dalam syari’at dan hakikat menurut Al
Qur’an, sunnah dan ijma’. Hal yang demikian itu baru terjadi sesudah sempurna pengajarannya
dari seorang mursyid yang mempunyai maqom (kedudukan) yang lebih tinggi darinya, yang
terus bersambung sampai kepada Rasulullah Muhammad SAW, yang bersumber dari Allah
SWT dengan melakukan ikatan-ikatan janji dan wasiat (bai’at) dan memperoleh izin maupun
ijazah untuk menyampaikan ajaran suluk dzikir itu kepada orang lain.
Seorang mursyid yang diakui keabsahanya itu sebenarnya tidak boleh dari seorang yang jahil,
yang hanya ingin menduduki jabatan itu karena didorong oleh nafsu belaka.
Mursyid yang arif yang memiliki sifat-sifat dan kesungguhan seperti yang tersebut di atas itulah
yang diperbolehkan memimpin suatu thariqah.
Mursyid merupakan penghubung antara para muridnya dengan Allah SWT, juga merupakan
pintu yang harus dilalui oleh setiap muridnya untuk menuju kepada Allah SWT. Seorang syaikh
/mursyid yang tidak mempunyai mursyid yang benar di atasnya, menurut Al-Kurdy, maka
mursyidnya adalah syetan. Seseorang tidak boleh melakukan irsyad (bimbingan) dzikir kepada
orang lain kecuali setelah memperoleh pengajaran yang sempurna dan mendapat izin atau
ijazah dari guru mursyid di atasnya yang berhak dan mempunyai silsilah yang benar sampai
kepada Rasulullah SAW.
Al-Imam Ar-Roziy menyatakan bahwa seorang syaikh yang tidak berijazah dalam
pengajarannya akan lebih merusakkan terhadap para muridnya daripada memperbaikinya, dan
dosanya sama dengan dosa seorang perampok, karena dia menceraikan murid-murid yang
benar dari pemimpin-pemimpinnya yang arif.
2
Tidak ada komentar:
Posting Komentar